Sabtu, 11 Oktober 2014

KUMPULAN RPP KURIKULUM 2013
BAHASA INDONESI, KELAS 7


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


           Satuan Pendidikan   : SMP NEGEGERI 199
Mata Pelajaran          :Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : VII
Materi Pokok             : Teks observasi
Tema                          : Cinta Lingkungan Hidup
Sub tema                   : Cinta Ling
Waktu                        :4 jam pelajaran (2 x pertemuan)
A.     Kompetensi Inti
1.         Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.         Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.         Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.         Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2         Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis.
2.1         Memiliki perilaku jujur dan percaya diri dalam pengungkapan    kembali peristiwa hidup diri sendiri dan orang lain.
C. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi                                 
3.1  Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposis eksplanasi, dan cerita
       pendek baik melalui lisan maupun tulisan
 Indikator:
§  Menentukan  struktur teks hasil observasi
§  Menentukan kata dalam teks hasil observasi
§  Menentukan  unsur kebahasaan : rujukan kata, konjungsi, kata berimbuhan, kelompok kata

4.1.Menangkap makna teks hasil observasi, tanggapan deskiptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita   pendek baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
§   Menentukan   isi teks observasi
§  Membuat dan menjawab pertanyaan tentang isi teks
§  Menentukan unsur kebahasaan: kata baku/tidak baku, kalimat tunggal/kalimat majemuk,
   kelompok kata, kata ganti, transisi.
D. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1 (kd 3.1)
§  Melalui membaca teks observasi, peserta didik dapat
   Menentukan  struktur  teks observasi dengan jujur, percaya diri, dan menggunakan bahasa
   Indonesia yang baik dan benar.
§  Melalui membaca teks observasi, peserta  didik dapat menentukan kata dalam secara jujur,
   Percaya diri, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
§  Melalui membaca teks observasi, peserta didik dapat menentukan unsur kebahasaan : rujukan
   kata, konjungsi, kata berimbuhan, konjungsi ( dan, tetapi, sehingga, atau).
Pertemuan 2 (kd. 4.1)
§   Setelah mengamati  teks observasi,  peserta didik menentukan isi teks  observasi  dengan jujur,
   percaya diri, dan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
§   Setelah mengamati  teks observasi,  peserta didik menentukan unsur kebahasaan: kata
    berimbuhan, kelompok kata, kata baku/penggunaan
    istilah                                                                          
E.  Materi Pokok
Pertemuan 1
§  Strukturteks observasi                                                                                                                             
§  Ciri / fitur bahasa teks observasi
§  Unsur kebahasaan.
Pertemuan 2
§  Isi teks observasi
§  Unsur kebahasaan : rujukan kata, konjungsi, kata berimbuhan, konjungsi ( dan, tetapi, sehingga,  atau).
E.     Metode Pembelajaran
Discovery Learning
F.     Media, Alat, dan Sumber
Contoh Teks observasi
Power Point tentang struktur  teks biografi
Lembar Kerja

Alat dan Sumber
Teks observasi cinta Lingkungan buku siswa halaman 5 dan 26 yang bersumber dari :
1)      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013a. Bahasa Indonesia: Wahana Pengetahuan Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 
2)      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013b. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan: Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 
3)      Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
4)      Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2010. Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
5)      searches.globososo.com/search/images?q=gambar%20pahlawan%20indonesia&fpid=2&qlnk=True&insp=pvai
E.     Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama KD 3.1.
Pendahuluan (10 menit)
1)   Perserta didik merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi siswa dan kelas
2)   Perserta didik merespon pertanyaan dari guru tentang keterkaitan pengetahuan sebelumnya dengan materi  teks observasi yang akan dipelajari
3)   Untuk memberikan motivasi peserta didik dalam pembelajaran menulis teks observasi, guru menampilkan satu  teks observasi
4)   Perserta didik disiapkan untuk mengikuti pelajaran tentang teks observasi dengan menanyakan teks observasi yang pernah mereka baca.
5)   Perserta didik menerima informasi tentang tujuan pembelajaran dan manfaat pembelajaran.
6)   Perserta didik menyimak pencapaian cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran
Kegiatan Inti (60 menit)
Mengamati :
1)      Peserta didik membaca teks observasi Cinta Lingkungan dengan cermat.  (stimulation)
Menanya :
1)      Peserta didik duduk bersama kelompoknya  menanyakan pengertian teks hasil observasi (stimulasi)
2)      Dengan percaya diri dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, peserta didik menanyakan  struktur   teksobservasi yang dibaca. (stimulasi)
3)      Guru menanyakan kepada siswa masalah apa yang relevan dengan teks cinta lingkungan   (identifikasi masalah)
Mengumpulkan Informasi:
1)      Peserta didik  diarahkan untuk membentuk kelompok dengan anggota 5-6 orang. Untuk menarik perhatian mereka, guru memberi nama kelompok sesuai tema dan memberi lembar kerja kelompok 
2)      Peserta didik bersama kelompok menentukan   struktur  teks observasi   dengan jujur, percaya diri, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. ( pengumpulan data )
3)      Peserta didik  bersama kelompoknya menentukan   fitur bahasa  dengan jujur, percaya diri, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. ( pengumpulan data)
4)      Peserta didik  bersama kelompoknya menentukan   Unsur kebahasaan : rujukan kata, konjungsi, kata berimbuhan                                                                                                                                                         Mengasosiasi:
1)      Peserta didik membandingkan struktur  teks observasi  antarteman dalam kelompoknya dengan jujur, percaya diri, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. (pengolahan data)
Mengomunikasikan:
1)      Masing-masing kelompok peserta didik mempresentasikan  struktur  teks biografi   cinta Lingkungan  dengan jujur, percaya diri, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, kemudian ditanggapi oleh kelompok peserta didik yang lain dalam diskusi kelas. (pengolahan data)
2)      Peserta didik mempresentasikan  fitur  bahasa, yaitu,  kata sifat dan kata kerja aksi dengan jujur, percaya diri, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, kemudian ditanggapi oleh kelompok peserta didik yang lain dalam diskusi kelas. (pengolahan data)
3)      Peserta didik mempresentasikan unsur kebahasaan yang terdapat dalam teks Cinta Lingkungan  meliputi rujukan kata, konjungsi, kata berimbuhan, konjungsi ( dan, tetapi, sehingga, atau). konjungsi ( dan, tetapi, sehingga, atau) dengan jujur, percaya diri, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, kemudian ditanggapi oleh kelompok peserta didik yang lain dalam diskusi kelas. (pengolahan data)
Penutup (10 menit)
1)      Dengan bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pelajaran tentang   teks observasi. (verifikasi/ pembuktian)
2)      Peserta didik mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami  teks observasi  (verifikasi/ pembuktian)
3)      Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
4)      Peserta didik mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru mengenai  teks observasi . Verifikasi/pembuktian)
5)      Guru memberi tugas kepada peserta didik  untuk mencari  teks observasi yang lain. (Generalisasi)
Pertemuan kedua KD 4.1.
Pendahuluan (10 menit)
1)      Perserta didik merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi siswa dan kelas
2)      Perserta didik merespon pertanyaan dari guru tentang keterkaitan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
3)      Perserta didik disiapkan untuk mengikuti pelajaran tentang menyusun teks observasi dengan menanyakan struktur teks dan ciri bahasa teks observasi serta unsur kebahasan yang sudah dipelajari.
4)      Perserta didik menerima informasi tentang tujuan dan manfaat pembelajaran
Kegiatan Inti (60 menit)
Mengamati
1)      Peserta didik mengamati tayangan video biota laut (stimulasi)
Menanya
1)      Peserta didik menanyakan tentang  isi teks observasi, struktur teks observasi, ciri/fitur bahasa , dan unsur kebahasaan dalam teks observasi dengan percaya diri dan santun.  (stimulasi)
Mengumpulkan Informasi
1)      Peserta didik diarahkan untuk berkelompok sesuai pada pertemuan pertama dan guru membagikan lembar kerja kelompok.
2)      Peserta didik membaca teks observasi Biota Laut dengan dengan jujur, percaya diri, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.  ( pengumpulan  data)
Mengasosiasi
1)      Peserta didik dalam kelompoknya mendiskusikan  teks observasi Biota laut dengan jujur, percaya diri, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. ( pengolahan data)
Mengkomunikasikan
1)      Masing-masing kelompok mempresentasikanhasil diskusi tentang  isi  teks observasi yang telah disusun, kemudian kelompok lain memberikan tanggapan/masukan dengan jujur, percaya diri, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. (pembuktian)
2)      Peserta didik bersama dengan guru menentukan  isi teks observasi  dengan jujur, percaya diri, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. (pembuktian)
Penutup (10 menit)
1)      Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran tentang  menangkap makna  teks observasi. (verifikasi/ pembuktian)
2)      Guru memberikan umpan balik dengan menanyakan kendala-kendala yang dialami peserta didik dalam  menangkap makna  teks observasi. (pembuktian)
3)      Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah, yaitu menangkap makna teks observasi “ Dewi Sri : Dewi Kesuburan secara mandiri.  (generalisasi)
F.     Penilaian
1). Penilaian Sikap (untuk setiap kali pertemuan)
1)      Teknik     : Pengamatan Sikap
2)      Bentuk    : Lembar Pengamatan
3)      Instrumen

No.
Nama Peserta didik
Bersyukur
Jujur
Percaya Diri
skor
Nilai
Konv
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
2.
3.
4.

Rubrik
Rubrik
Skor
sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh / berbahasa Indonesia/ jujur/ dalam melakukan kegiatan
1
menunjukkan sudah ada  usaha sungguh-sungguh  berbahasa Indonesia/ jujur dalam melakukan kegiatan tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
2
menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh berbahasa Indonesia/ jujur  dalam melakukan kegiatan yang  cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
3
menunjukkan adanya  usaha sungguh-sungguh berbahasa Indonesia/ jujur  dalam melakukan kegiatan secara terus-menerus dan ajeg/konsisten
4

Pedoman penilaian sikap:
Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek
Nilai =      skor yang diperoleh        x 100
                      skor maksimal
Konversi Nilai = (nilai/100) x 4
Kategori Nilai dapat dilihat pada tabel konversi nilai sikap (K, C, B, SB)

2.      Penilaian Pengetahuan (Mandiri)
1)      Teknik     : Tes Tertulis
2)      Bentuk    : uraian
3)      Instrumen            :
Bacalah teks hasil observasi “ Dewi Sri : Dewi kesuburan “ !

1.      Jelaskan  struktur teks observasi dengan melengkapi tabel berikut :
No
Struktur Teks
Kalimat
1
Definisi Umum


2
Deskripsi Bagian


3
Deskripsi Manfaat




2.      Daftarkan rujukan kata, konjungsi, dan kata berimbuhan,
No
Rujukan kata
Konjungsi
Kata berimbuhan
Kelompok kata
1
2
3
4
5





Rubrik Penilaian Pengetahuan  Struktur Teks
Rubrik
Skor
Menuliskan struktur teks  dengan tidak  tepat
1
Menuliskan struktur teks dengan kurang  tepat
2
Menuliskan struktur  teks  dengan tepat
3
Menuliskan struktur  teks  dengan sangat tepat
4

Rubrik Penilaian Pengetahuan : kata rujukan
Rubrik
Skor
Menuliskan  kata   hanya 2
1
Menuliskan  kata kerja  2 – 5
2
Menuliskan  kata kerja  5- 8
3
Menuliskan  kata kerja  >  8
4

Rubrik Penilaian Pengetahuan : Konjungsi
Rubrik
Skor
Menuliskan  kata kerja  hanya 2
1
Menuliskan  kata kerja  2 – 5
2
Menuliskan  kata kerja  5- 8
3
Menuliskan  kata kerja  >  8
4
Rubrik Penilaian Pengetahuan : kata berimbuhan
Rubrik
Skor
Menuliskan  kata   hanya 2
1
Menuliskan  kata kerja  2 – 5
2
Menuliskan  kata kerja  5- 8
3
Menuliskan  kata kerja  >  8
4



Rubrik Penilaian Pengetahuan : Kelompok Kata
Rubrik
Skor
Menuliskan  kata kerja  hanya 2
1
Menuliskan  kata kerja  2 – 5
2
Menuliskan  kata kerja  5- 8
3
Menuliskan  kata kerja  >  8
4
Pedoman Penilaian:
Skor = jumlah perolehan angka seluruh aspek
Nilai =      skor yang diperoleh        x 100
                      skor maksimal
Konversi Nilai = (nilai/100) x 4
Kategori Nilai dapat dilihat pada tabel konversi nilai pengetahuan.

Lembar Kerja : (Kelompok)

KD 3.1. Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
            pendek baik melalui lisan maupun tulisan

Hari / Tanggal                         :           ......................................
Nama Kelompok                     :           ......................................
Nama Anggota Kelompok      :           ......................................

Perintah :
Bacalah teks hasil observasi “ Cinta Lingkungan “ kemudian lengkapi tabel berikut ini !

No
Struktur Teks
Kalimat










     
No
Rujukan kata
Konjungsi
Kata berimbuhan
1
2
3
4
5


Jakarta, 3 Juli 2014
  Mengetahui
  Kepala SMP Negeri 213 Jakarta                                             Guru Bidang Studi

  Dra. Nur Jauhar Sulistyawati, M.M.Pd                                  Laela Pramanasari, S. Pd.
  NIP. 195705131983022001                                                       NIP. 196903192008012018





Tidak ada komentar: